Permasalahan Mengenai Pengelolaan Keuangan


Berbagai permasalahan terkait pengelolaan keuangan tidak tepat antara lain orang tua kebingungan menyekolahkan anak ke SMA, orang bunuh diri karena stres terlilit hutang, anak sekolah bekerja mencari uang untuk biaya sekolah, bayi ditinggal di rumah sakit karena orang tuanya tidak mampu membayar biaya dokter, orang menjadi gila karena warisan orang tua habis dalam sekejap, seorang ibu ketahuan mencuri di superma. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi keuangan akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kendala yang dihadapi saat ini tidak semua orang paham atau menguasai ilmu Financial Planning. Hal ini didukung hasil kuesioner yang dilakukan peneliti terhadap 50 orang pada Oktober 2014 yang tercantum pada lampiran 1. Kebutuhan akan perhitungan keuangan oleh banyak orang maka dari itu jasa pembuatan aplikasi finance akan membantu banyak orang dalam pembuatan aplikasi tersebut. Berdasarkan data yang didapat dari responden dalam melakukan kuesioner, terdapat 80% responden yang belum melakukan perencana keuangan.

Beberapa faktor yang menyebabkan responden belum dapat melakukan perencanaan keuangan yaitu, tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas (25%), tidak memiliki Asset/pendapatan yang cukup (20%), terlalu banyak pengeluaran (15%), keterbatasan pengetahuan dan informasi yang tersedia mengenai perencana keuangan (30%), serta faktor lainnya (10%). Selain itu, berdasarkan data yang didapat dari responden ternyata 82,4 % menginginkan adanya aplikasi perencanaan keuangan berbasis smartphone. Jawaban responden itu sangat relevan dengan kondisi saat ini mengingat pengguna smartphone berkembang pesat.

Dari data yang dihimpun oleh eMarketer pada tahun 2014, pengguna smartphone di dunia saat ini adalah 1,76 milliar pengguna atau sebanyak 37.8% dari pengguna mobile di seluruh dunia. Jumlah ini meningkat sebanyak 25% dari tahun 2013 yaitu sebanyak 1.40 miliar pengguna. Jumlah tersebut diperkirakan terus meningkat setiap tahunnya berdasarkan data yang dirilis oleh eMarketer. Berdasarkan hal-hal tersebut penulis menyusun artikel ini yang merupakan hasil orisinil dari penelitian yang penulis lakukan.

Diterbitkan oleh donahasan

Saya Dona sangat senang dengan photografi

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai